Selasa, 10 Maret 2009

KARYA TULIS ILMIAH HASIL CLASSROOM ACTION RESEARCH PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR DENGAN APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AN

ABSTRAK

Susilawati, 2009, Peningkatan Aktifitas Belajar dengan Aplikasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRS) pada Pokok Bahasan Teks Fungsional dan Test Monolog di Kelas X-A Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Dongko Trenggalek Tahun Pelajaran 2008/2009.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran CIRC

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas belajar siswa dalam kerja kelompok. Di samping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menemukan factor pendorong dan penghambat selama pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN I Dongko Trenggalek. dan pada waktu presentasi dan menemukan faktor-faktor penghambat dan pendukung selama pelaksanaan tindakan pembelajaran geografi di SMAN I Dongko Trenggalek. Dengan demikian, penelitian ini lebih bersifat tindakan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi di kelas yaitu penelitian tindakan kelas (PTK).
Untuk mencapai tujuan tersebut, diduga penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model CIRC dapat memperbaiki dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada pokok bahasan Teks Fungsional dan Test Monolog bagi siswa SMAN I Dongko Trenggalek. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Targgart yang dilakukan dalam siklus. Setiap siklus mencakup empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi, dan revisi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi/catatan lapangan, wawancara, angket, dan dokummentasi.
Data hasil observasi/catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif model CIRC, faktor pendukung, dan faktor penghambat dianalisis secara deskriptif melalui tiga komponen yaitu, mereduksi, paparan data, dan penyimpulan. Sedangkan untuk melihat peningkatan aktivitas siswa digunakan teknik persentase, selanjutnya dideskripsikan.
Berdasarkan hasil observasi/pengamatan lapangan selama kegiatan pembelajaran kooperatif model CIRC yang sekaligus merupakan hasil temuan penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa ketika kerja kelompok dalam aspek keseriusan dalam kerja kelompok, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan mempertanggungjawabkann hasil kerja kelompok, dan kemampuan menyusun laporann hasil kerja kelompok, sedangkan aktivitas belajar ketika presentasi hasil dalam aspek keberanian bertanya, menjawab pertanyaan, sikap pada waktu mengikuti pembelajaran, dan keseriusan mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasilnya pada siklus I dalam kategori kurang, siklus II kategori cukup, dan siklus III pada katergori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada waktu kerja kelompok, pada waktu presentasi dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif model CIRC di SMAN I Dongko Trenggalek mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayahnya. Akhirnya penyusunan karya tulis yang berjudul “PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR DENGAN APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA POKOK BAHASAN TEKS FUNGSIONAL DAN TEST MONOLOG DI KELAS X-A SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) I DONGKO TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2008/2009” dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan karya tulis ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu patutlah kiranya penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMAN) 1 Dongko Trenggalek.
2. Bapak Ibu Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Dongko Trenggalek yang telah membantu dalam penyelesaian penelitian tindakan ini.
3. Semua pihak yang telah membantu dalam penulisan karya tulis ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Semoga semua kebaikan yang telah diberikan kepada penulis mendapatkan balasan yang selayaknya dari Allah Swt.. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan karya tulis ini masih terdapat kekurangan-kekurangan sehingga sudilah kiranya apabila ada yang memberikan saran dan kritik demi kesempurnaan penulisan mendatang.
Akhirnya peneliti berharap semoga apa yang disajikan dalam karya tulis ini memberikan manfaat kepada berbagai pihak pada umumnya dan penulis khususnya.


Trenggalek, 20 April 2008

Penulis,

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL i
ABSTRAK ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR LAMPIRAN v

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 5
C. Tujuan Penelitian 6
D. Kegunaan Penelitian 6
E. Definisi Operasional 7
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Konsep Aktivitas Belajar 8
B. Pembelajaran Kooperatif Model CIRC 13
BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Pendekatan Penelitian 17
B. Lokasi, Subjek, dan Waktu Penelitian 18
C. Prosedur Penelitian 19
D. Pelaksanaan Siklus Penelitian 20
E. Instrumen Penelitian 26
F. Teknik Pengumpulan Data 27
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Pelaksanaan Tindakan 31
BAB VI PENUTUP
A. Kesimpulan 41
B. Saran-saran 41
DAFTAR RUJUKAN 44
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar